Rabu, 01 Mei 2013

Bahaya dan dampak negatif merokok

Bahaya dan Dampak Negatif Merokok-“Merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, gangguan kehamilan dan janin” kata-kata ini banyak kita temukan baik pada bungkus rokok itu sendiri, ataupun pada iklan yang mempromosikan tentang rokok, tapi sepertinya kata-kata ini seolah tidak ada artinya, karena tetap saja banyak orang yang merokok tanpa tahu dampak yang akan diakibatkan oleh rokok tersebut, karena seperti yang telah kita ketahui bahwa rokok mengandung zat berbahaya yaitu nikotin

Bahaya merokok
Bahaya merokok
Bukan hanya orang lain, bahkan orang-orang yang ada disekitar sayapun tidak pernah bisa jauh dari “benda berbahaya” ini, entah harus dengan cara apa mengingatkan orang-orang tersebut untuk bisa berhenti merokok. Banyak yang selalu menggunakan alasan, bahwa rokok bisa menjadi teman setia pada saat sedang ada masalah, atau terkadang ada yang mengatakan karena sudah terbiasa sehingga tidak bisa lepas lagi, dan masih banyak lagi alasan klasik lainnya. Bahkan terkadang bila kita lihat disekeliling kita masih banyak yang sering merokok sementara diarea tersebut adalah area yang dilarang merokok, entah itu orang tidak bisa membaca atau memang dia sengaja tidak menghiraukan larangan tersebut. Namun sebenarnya hanya ada satu alasan mengapa anda tidak bisa berhenti merokok, yakni anda memang tidak ada niat untuk berhenti. 

Beberapa bahaya dan dampak negatif yang dapat ditimbulkan oleh rokok, diantaranya: 

  • Berapa banyak uang yang anda habiskan untuk membeli rokok, sementara jika anda bayangkan uang yang anda cari dengan keringat yang bercucuran, anda “bakar” dengan percuma, belum lagi bagi anda yang masih mengharapkan uang jajan dari orang tua, coba anda bayangkan seberapa susah payahnya orangtua anda menghasilkan uang dan anda hanya bisa membakarnya? Sungguh tidak ada artinya sama sekali. 
  • Rokok yang setiap hari anda hisap, perlahan-lahan akan merusak paru-paru anda, sementara seperti yang kita ketahui paru-paru merupakan salah satu organ penting yang dibutuhkan untuk kita bernafas. Apa anda masih bisa dikatakan sebagai manusia yang bersyukur, bila anda lahir dengan paru-paru yang sehat, tapi anda bukannya menjaganya tetapi malah menghancurkannya dengan sebungkus rokok setiap hari? Sementara jika anda lihat ke sekeliling anda, masih banyak orang-orang yang lahir dengan kondisi paru-paru yang kurang sempurna. Bagaimana perasaan anda jika membayangkannya? Sungguh sangat miris seandainya anda membayangkan berada di posisi mereka yang kurang sempurna. 
  • Selain merusak organ paru-paru, rokok juga bisa mengganggu organ penting lainnya yaitu jantung. Merokok akan meningkatkan kerja jantung anda, membuat irama jantung menjadi tidak teratur, serta dapat meningkatkan tekanan darah, karena dengan merokok itu artinya anda menghisap karbon monoksida yang dapat meracuni tubuh dengan mengganggu sel darah yang mengikat oksigen yang dapat memicu penyakit jantung. Terkadang saya sering berfikir mengapa orang yang lahir dengan kondisi jantung yang sehat malah berniat merusak jantung sehat yang dimilikinya? Sementara masih banyak orang lain dengan kondisi jantung yang kurang sempurna yang menginginkan jantung sehat. 
  • Merokok juga akan membahayakan kesehatan orang-orang yang ada disekitar anda, termasuk orang-orang yang anda sayangi, bayangkan saja bila asap rokok yang anda hisap dihirup oleh orang-orang disekitar anda, sungguh sangat tidak terbayangkan bila orang yang seharusnya bisa hidup sehat harus ikut menghirup racun( karbon monoksida) dari asap rokok anda sendiri.

hidup sehat tanpa rokok
hidup sehat tanpa rokok
Sebenarnya masih banyak bahaya lain yang dapat ditimbulkan oleh asap rokok, namun semuanya kembali lagi kepada anda, apakah memang anda berniat berhenti merokok, atau anda ingin meneruskan merusak tubuh sehat yang telah diberikan Sang Pencipta untuk anda? Jika itu masih kurang, anda coba lihat orang-orang yang anda sayangi, apakah anda masih berniat memberikan mereka racun dari asap rokok anda sendiri? Memang tidaklah mudah jika anda mendadak berhenti merokok, tapi cobalah untuk melepaskannya perlahan-lahan, jika memang anda berniat maka yakinlah anda pasti bisa jauh dari benda yang namanya rokok ini. Mari kita  menjalankan hidup sehat tanpa merokok.

1 komentar:

ijin copas gan, maafkan dan maklumilah diriku, ada tugas. ini sifatnya mendadak dan kepepet. -_-

Poskan Komentar

Download

MAAF LAGI GAK BISA SHARE BERITA BARU NI SOAL NYA LAGI ADA KESIBUKAN ... MOHON MAAF YAH

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More